Ayam Penyet Surabaya

Indonesia memiliki banyak kuliner dengan bahan utama terbuat dari daging ayam. Rasanya yang nikmat dan pembuatannya yang mudah membuat olahan daging ayam begitu digemari di Indonesia. Sebut saja seperti ayam betutu dari Bali, ayam rica-rica dari Manado, pepes ayam dari Sunda, ayam penyet Surabaya, dan masih banyak lagi. 

Nah, varian ayam yang paling populer di masyarakat Indonesia adalah Ayam penyet Surabaya. Kenapa? Karena cara pembuatannya yang cukup mudah dan cita rasanya yang menggoda lidah, renyah, gurih dan pedas. Juara deh pokoknya!

Ayam penyet

Ayam penyet adalah hidangan khas Indonesia yang menggunakan potongan ayam utuh seperti paha atau dada lengkap dengan tulangnya. Ayam penyet menyajikan ayam goreng yang sudah diungkep dengan bumbu kuning. Dengan teknik ungkep, daging ayam akan lebih memiliki cita rasa yang kaya dan wangi rempah-rempah karena bumbu akan meresap ke daging ayam sampai ke tulang.

Ungkep adalah teknik memasak dengan api kecil atau api sedang dalam tempo lama, supaya bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan jadi satu meresap ke daging ayam dengan sempurna. Setelah bumbu benar-benar meresap, ayam digoreng sampai kecoklatan, lalu disajikan dengan memberi sambal khas Jawa Timuran diatasnya. 

Varian sambal ayam penyet

Sambal ayam penyet terkenal dengan rasanya yang pedas dan gurih, dimana sambal ini umumnya terbuat dari kombinasi cabe rawit, ikan teri, asem, terasi, tomat, bawang bombay, bawang putih, dan jeruk nipis yang diulek jadi satu. Tidak disangka, ternyata sambal ayam penyet begitu beragam.

  • Ayam penyet sambal terasi. Dimana ayam penyet tipe ini, sambalnya digoreng dulu kemudian ditambah dengan gula merah diulek jadi satu dengan tomat, cabe, bawang merah dan bawang putih.
  • Ayam penyet sambal bawang dengan racikan sambal yang cukup sederhana seperti bawang putih, cabe rawit, gula dan kaldu ayam secukupnya.
  • Ayam penyet sambal super pedas cocok bagi anda pecinta makanan pedas. Sambal dalam ayam penyet versi ini terdapat banyak tambahan jenis cabe rawit dan cabe keriting.

Terakhir, setelah ayam diungkep kemudian digoreng lalu ayam dipenyet pakai ulek-ulek hingga daging agak pipih dengan sambal diatasnya. Lalu disajikan diatas piring atau di atas cobek tempat sambal diulek. Dagingnya yang gurih, sambalnya yang segar dicampur nasi plus lalapan seperti kemangi, tomat, dan irisan timun menjadi alasan kenapa ayam penyet Surabaya memiliki banyak penggemar di masyarakat Indonesia.

LIKE US

ADVERTISEMENT

PARTNERS

ARTIKEL TERBARU

ADVERTISEMENT

Posted in

Leave a Comment