Kuliner Legendaris, Rawon Setan Surabaya

Rawon merupakan masakan populer khas Indonesia yang berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur. Cita rasa khas Indonesia yang nikmat menjadikan rawon tidak hanya disukai oleh orang Indonesia, tapi juga oleh para wisatawan dari berbagai negara. Mereka menyebut rawon dengan sebutan black soup karena tampilannya yang berwarna hitam legam.

Rawon terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu dengan kuah rempah khas Indonesia yang berwarna hitam. Warna hitam diperoleh dari kluwek atau juga dikenal dengan kepayang. Jika dilihat rawon termasuk menu yang sederhana, namun proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memastikan daging sudah empuk dan bumbu meresap ke dalam daging. Sebagai pelengkap, rawon disajikan dengan tauge pendek, telur asin, sambal dan kerupuk udang. Hmmm, kebayang kan nikmatnya kuah kaldu dan kriuk tauge dan kerupuk udang!

Banyak tempat makan di Surabaya yang menyediakan menu rawon, namun kali ini Surabaya Travel akan mengulas mengenai kuliner legendaris Rawon Setan yang berlokasi di Jalan Embong Malang No. 78.  Mbah Musiati adalah pemilik rawon setan yang telah berjualan sejak tahun 1953. Tidak seperti Mie Setan, Rawon Setan tidak memiliki cita rasa yang pedas. Nama ini digunakan karena ketika awal berdiri, mereka mulai berjualan sekitar pukul 22.00 WIB hingga pagi hari. Tapi, tenang saja karena sekarang mereka juga buka di siang hari, mulai pukul 08.00-23.00 pada hari minggu sampai selasa, sedangkan hari rabu sampai sabtu buka pada pukul 08.00-16.30 dan 18.00-04.00 WIB.

Menu yang ditawarkan tentu saja nasi rawon legendaris yang tersedia dalam 2 pilihan, yaitu rawon daging dan rawon iga. Keduanya bisa kamu nikmati dengan nasi putih hangat dengan lauk tambahan, seperti tahu goreng, tempe goreng, telur asin, sate usus, perkedel, empal daging, paru goreng dan tentunya kerupuk udang. Walaupun mengusung nama Rawon Setan, mereka juga menyediakan menu lain yang tidak kalah menggugah selera makanmu, seperti nasi campur, nasi soto ayam, nasi pecel, tahu telor dan berbagai menu penyetan.

Jadi, bagi kamu yang akan berkunjung ke Surabaya, jangan sampai kelewatan mencicipi makanan khas Surabaya ini ya!

ADVERTISEMENT

PARTNERS

ARTIKEL TERBARU

ADVERTISEMENT

Posted in

Leave a Comment