Surabaya Kota Metropolitan

Surabaya kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Julukan metropolitan didapat akibat dari laju urbanisasi penduduk melesat cepat, banyak gedung menjulang tinggi, kontribusi pada kemajuan ekonomi negara tentunya jadi perhitungan utama. Pembangunan pun gencar-gencarnya dilakukan untuk menunjang kebutuhan penduduk urban. Mulai dari kontrakan, pasar, perumahan, hingga mall dan pastinya pabrik tak terlupakan.

Kota yang lahir pada 31 Mei 1293 ini menjadi pusat Industri di provinsi Jawa Timur. Tak ayal lagi, banyak penduduk dari luar Surabaya memilih mengadu nasib di kota ini. Selain itu kota Surabaya bersifat borderless yang artinya siapa saja bisa keluar masuk sesuka hati tanpa harus memenuhi persyaratan tertentu. Mudahnya akses menuju kota Surabaya serta banyaknya layanan transportasi umum seperti kereta api, pesawat, bus dan kapal laut semakin mempermudah laju urbanisasi penduduk.

Selain itu, memperoleh gelar sebagai kota metropolis tak luput dari sejarah berkembangnya Kota Surabaya sebagai kota Industri. Sejak zaman penjajahan, Surabaya telah menjadi pusat perekonomian yang diperhitungkan karena ditunjang oleh perindustrian modern yang tumbuh pesat di masa itu. Bahkan sejak zaman kerajaan, Surabaya berkembang menjadi kota pelabuhan yang sibuk karena Surabaya memiliki letak geografis yang strategis. Itu lah kenapa Kota Pahlawan ini menjadi juara dua sebagai kota metropolitan.

Jika diperkenankan, dan andai Surabaya bisa membaca, saya ingin menulis beberapa rangkaian kata untuk Surabaya sebagai Kota Metropolitan :

Pesan untuk Surabaya

Surabaya, tetaplah ramah pada penduduknya
Jangan sampai banjir dan lingkungan kumuh dimana-mana
Surabaya, pertahankan julukanmu sebagai Kota Sejuta Taman
Tembok-tembok betonmu sudah cukup untuk membangun peradaban
Surabaya, tolong terus tumbuhkan pohon-pohon dari tanah
Agar anak-cucumu kelak senantiasa bisa menghirup udara segar
Surabaya, kamu tak perlu sampai seperti Jakarta
yang sebentar lagi dapat julukan Mantan Ibu Kota Negara
Kamu cukup jadi Kota Pahlawan bagi Indonesia
Terimakasih Surabaya

– Ditulis oleh : Rakyat Surabaya

ADVERTISEMENT

PARTNERS

ARTIKEL TERBARU

ADVERTISEMENT

Leave a Comment