Hutan Mangrove Surabaya

Sebagai kota besar dengan penduduk terbanyak kedua di Indonesia, Pemkot (Pemerintah Kota) Surabaya bersama pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) berusaha memperbanyak ruang hijau untuk mengurangi tingkat polusi udara. Salah satunya adalah dengan mengelola wisata rekreasi Hutan Mangrove Surabaya.

Wisata Hutan Mangrove Surabaya merupakan destinasi wisata yang menggabungkan wisata rekreasi sekaligus edukasi. Berkat andil Pemkot dan DKPP, saat ini Surabaya memiliki dua wisata rekreasi Hutan Mangrove yang berada di Wonorejo dan Gunung Anyar

HUTAN MANGROVE WONOREJO

Hutan Mangrove Wonorejo berada daerah pantai timur Surabaya, lebih tepatnya di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Surabaya. Lokasinya dekat dengan Taman bungkul.

[su_gmap address=”Jl. Wonorejo Timur No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60296″ responsive=”yes”]

Area ini adalah lahan terbuka hijau seluas 200 hektar dengan asrinya tanaman bakau dan suasana pesisir yang sejuk. Awalnya Hutan Mangrove ini dikelola warga sekitar untuk mengatasi erosi dan abrasi di pantai timur. Namun, pada akhirnya Pemkot Surabaya menginisiasi menjadikan tempat ini sebagai wisata rekreasi.

1. Tiket Masuk Mangrove Wonorejo

Pengunjung yang ingin masuk ke wisata Mangrove Wonorejo tidak dibebankan biaya tiket masuk. Hanya saja, anda harus membayar parkir. Sedangkan harga wisata tiket hanya dikenakan untuk wisatawan yang ingin memakai fasilitas sewa kapal.
[su_table]

Harga Tiket Hutan Mangrove Wonorejo
Tiket MasukGratis
Sewa Kapal – DewasaRp. 25.000
Sewa Kapal – AnakRp. 15.000
Sewa Speedboat (Untuk 6 orang)Rp. 300.000
Parkir MotorRp. 5.000
Parkir MobilRp. 10.000

[/su_table]

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi (031) 8796880.

[su_spacer size=”10″]
Ketika anda naik perahu, anda akan dibawa berkeliling menyusuri sungai berjarak 5 KM dengan hutan bakau yang begitu luasnya. Terdapat sekitar 145 jenis burung dan 12 binatang dilindungi di hutan tersebut, anda bisa mendapatkan informasi ini dari papan informasi disekitar. Menarik bukan?

2. Fasilitas Mangrove Wonorejo

Fasilitas di Hutan Mangrove Wonorejo bisa dibilang cukup lengkap. Berikut beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya :

  • Pendopo : Saat anda lelah setelah mengeksplorasi hutan mangrove, anda bisa beristirahat di pendopo yang tersedia.
  • Kantin : Tenang saja, bagi anda yang tidak membawa makanan dari rumah, anda bisa membeli minum atau makanan di sini.
  • Toko Souvenir : Bagi pengunjung dari luar kota dan ingin membawa souvenir bisa anda dapatkan di toko souvenir dekat dengan kantin.
  • Papan Edukasi : Selain tempat rekreasi, Wisata Mangrove juga memberikan edukasi berupa papan edukasi yang menyediakan informasi tentang masing-masing pohon bakau yang ada disana.
  • Musholla
  • Toilet
  • Perahu / Kapal
  • Jogging Track
  • Tempat parkir

3. Jam Buka Mangrove Wonorejo

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo surabaya buka setiap hari. Berikut ini jadwal buka Mangrove Wonorejo :
[su_table]

HariJam
Senin – Kamis, Sabtu & Minggu, Hari libur Nasional08.00 – 18.00
Jum’at07.30 – 17.00

[/su_table]

HUTAN MANGROVE GUNUNG ANYAR

Hutan Mangrove Gunung Anyar berada di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60295. 

[su_gmap address=”Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60295″ responsive=”yes”]

Total luas wilayah Hutan Mangrove Gunung Anyar sekitar 42 hektar ditanam berbagai jenis bakau meliputi Ketepeng, Nyamplung, Nipah, Trembesi, Nimbo, Jaranan, Bintaro, Waru, dan Kelapa.

1. Tiket Masuk Mangrove Gunung Anyar

Harga tiket masuk ke Kebun raya Mangrove Gunung Anyar gratis, anda hanya perlu membayar parkir saja. 
[su_table]

Harga Tiket Hutan Mangrove Gunung Anyar
Tiket MasukGratis
Sewa Perahu (1-5 orang)Rp. 150.000/Perahu
Sewa perahu (lebih dari 5 orang)Rp. 20.000/Orang
Parkir MotorRp. 5.000
Parkir MobilRp. 10.000

[/su_table]

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi (031) 77633900.

[su_spacer size=”10″]
Saat matahari begitu terik dan panas, di sekitar tempat parkir disediakan sewa payung dengan harga Rp. 2.000,- per orang.

2. Fasilitas Mangrove Gunung Anyar

Saat ini kawasan Hutan Mangrove Gunung Anyar masih dalam tahap pengembangan dengan membangun beberapa fasilitas penunjang. Namun, meski dalam tahap pengembangan lantas tidak membuat tempat ini sepi pengunjung.

Fasilitas yang disediakan hampir sama dengan Hutan Mangrove di Wonorejo. Namun, ada beberapa fasilitas tambahan yang tak kalah menariknya :

  • Menara Pandang : Menara pandang setinggi 12 meter bisa digunakan melihat pemandangan Mangrove dari ketinggian. Hanya saja menara ini bisa dinaiki maksimal 5 orang.
  • Gazebo : Gazebo yang terbuat dari bambu berukuran 5×5 ini nyaman untuk beristirahat setelah seharian mengeksplorasi hutan mangrove.
  • Jogging Track : Jogging track sepanjang 20 meter terbuat dari bambu disusun memanjang melintasi hutan bakau.
  • Spot selfie lingkaran bambu
  • Musholla 
  • Pusat Kuliner
  • Lahan parkir yang luas
  • Toilet

3. Jam Buka Mangrove Gunung Anyar

Wisata Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya buka setiap hari. Berikut ini jadwal buka Mangrove Gunung Anyar Surabaya :
[su_table]

HariJam
Senin – Kamis10.00 – 17.00
Sabtu & Minggu, Libur Nasional07.00 – 17.00

[/su_table]

Nah, itulah ulasan dari Surabaya Travel mengenai Hutan mangrove yang ada di Surabaya. Konon, kebun Raya Mangrove yang di bangun oleh Pemerintah Kota Surabaya ini terletak di 4 kawasan, yaitu Wonorejo, Keputih, Sukolilo dan Gunung Anyar. Namun, saat ini baru 2 kawasan saja di kembangkan oleh Pemkot Kota Surabaya, yaitu Gunung Anyar dan Wonorejo. 

Bagi anda yang tidak ingin jauh-jauh pergi wisata, dan ingin menikmati suasana alami dan hijau. Anda bisa coba di kedua tempat ini. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin refreshing dari keriuhan kota surabaya. 

ADVERTISEMENT

PARTNERS

ARTIKEL TERBARU

ADVERTISEMENT

Leave a Comment