Wajib Dicoba! Kuliner Legendaris, Semanggi Surabaya

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Jangan bilang kamu arek Suroboyo kalau belum pernah mencicipi menu sehat nan lezat ini. Semanggi atau yang lebih sering disebut pecel semanggi adalah makanan khas Surabaya, tepatnya berasal dari Kecamatan Benowo Surabaya. Dulunya para penjual semanggi berkeliling untuk berjualan, namun saat ini, pemerintah telah mendirikan Kampung Semanggi yang berlokasi di Benowo dan makanan legendaris ini sudah bisa kamu temui di beberapa food court mall di Surabaya dan di aplikasi makanan online.

Semanggi Surabaya

Sumber Foto: https://www.instagram.com/p/BgK5O9jjcVD/

Pecel semanggi terdiri dari beberapa sayur dan pelengkap, yaitu daun semanggi, kecambah (tauge) dan disiram bumbu unik yang terbuat dari campuran ketela rambat, kacang tanah, gula merah, petis dan tentunya cabai yang dicampur ketika akan disajikan, sehingga bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasanmu. Pelengkap tambahan yang tidak boleh ketinggalan adalah kerupuk puli yang terbuat dari beras.

Keunikan Pecel Semanggi

  1. Tanpa nasi atau lontong

Meski disebut pecel, namun semanggi tidak pernah disajikan dengan nasi atau lontong. Jadi, jangan sampai kamu meminta tambahan nasi atau lontong ke penjualnya ya!

  1. Piring terbuat dari daun pisang

Sejak dulu kala sampai sekarang, para penjual semanggi tetap konsisten menyajikan pecel semanggi menggunakan daun pisang. Inilah yang menambah keunikan makanan sehat yang satu ini.

  1. Kerupuk puli pengganti sendok

Nikmatnya makan semanggi dengan kriuknya kerupuk puli yang bisa dijadikan sebagai pengganti sendok. Tapi jangan khawatir, penjual tetap akan menyediakan sendok.

  1. Murah

Seporsi semanggi Surabaya bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 10.000-15.000.

Sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan semanggi Surabaya di luar jawa timur. Para pedagang juga berkreasi membuat semanggi kering yang bisa dibawa ke luar kota yang dilengkapi dengan kerupuk puli dan tentunya bumbu khas. Semanggi kering sangat cocok untuk dijadikan pilihan oleh-oleh khas Suroboyo!

Nah, bagi Anda para wisatawan yang berkunjung ke kota pahlawan Surabaya. Pastikan makanan legendaris yang juga dijadikan lagu oleh S. Padimin di tahun 1950-an ini menjadi salah satu menu wajib yang harus kamu coba. Dijamin deh pasti ketagihan!

ADVERTISEMENT

PARTNERS

ARTIKEL TERBARU

ADVERTISEMENT

Posted in

Leave a Comment